-->

Tuesday, June 7, 2016

12 Tanaman Indonesia yang Sarat Akan Mitos

12 Tanaman Indonesia yang Sarat Akan Mitos - Bicara mitos memang tak pernah ada ujungnya, tak ketinggalan juga bunga dan tanaman  yang tumbuh di Indonesia pun memiliki mitos tersendiri. Indonesia masih kental akar tradisi dan budaya para leluhurnya yang khususnya orang jawa atau yang orang bilang 'kejawen', bahkan diyakini beberapa bunga atau tanaman yang mempunyai kesaktian dan mampu menangkal santet sampai-sampai bisa membawa kewibawaan bagi mereka yang menanamnya. Penasaran? Berikut simak Tanaman Indonesia yang Sarat Akan Mitos:


1. Daun Kelor, Penangkal Santet

daun kelor penangkal ilmu hitam
Daun kelor bagi masyarakat Jawa, daun kelor penangkal ilmu hitam [img src]

Di samping dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, pohon kelor juga dianggap pohon sakti. Hal inilah yang memunculkan mitos bahwa daun ini bisa mengalahkan kekuatan makhluk halus. 


2. Sawo Kecik, Membawa Kebaikan

mitos pohon sawo kecik di depan rumah, membawa kewibawaan
Sawo kecik dipercaya bisa membawa kewibawaan [img src]

Bagi masyarakat Jawa disebut juga sarwo becik atau serba baik. Menurut mitos yang menanam pohon sawo di depan rumahnya akan selalu mendapatkan kebaikan. Konon, buah pohon ini sangat digemari oleh putri keraton, bila memakan buah ini, keringat, napas dan juga air seninya menjadi harum.


3. Keistimewaan Bunga Wijaya kusuma, Sebagai Jimat 

Bunga Wijayakusuma yang asli berasal dari alam gaib, erat kaitannya dengan legenda seorang perempuan dari sebuah kerajaan yang lari mengasingkan diri ke pantai selatan. Sang putri lari karena tidak ingin dinikahkan. Pengasingan diri yang dilakukannya ini, kemudian membuatnya melakukan tapa dan meminta ketentraman kemudian menyeburkan diri ke laut.
keistimewaan bunga wijaya kusuma
Bunga Wijayakusuma konon juga dicari para paranormal sebagai ajimat [img src]
Menurut cerita, si putri ini mengandung di dalam alam gaib dan anak yang dilahirkan cacat. Sosok anak ini digambarkan sebagai bunga Wijayakusuma yang sewaktu-waktu berubah menjadi orang cacat. Bunga itu konon juga bisa digunakan untuk pengobatan, bahkan untuk menghidupkan orang mati, menjadikan 


4. Mitos Bunga Kemuning Jawa, Menolak Ilmu Hitam
mitos bunga dan pohon kemuning jawa
Tanaman ini juga dipercaya bisa menolak kekuatan sihir atau ilmu hitam [img src]



5. Mitos Pohon Bambu Kuning, Mengusir Aura Negatif
mitos pohon bambu kuning
[img src]

Mitosnya pohon Bambu Kuning mampu menangkal agar tidak ikut menjadi korban amuk lelembut itu dengan membuat gelang atau kalung dari bambu kuning. Konon, bambu kuning itu dipercayai memiliki kemampuan mengusir aura negatif, menolak bala, santet dan melancarkan rizky.

6. Mitos Bunga Kantil, Pemanggil Hantu

Bunga kantil merupakan bunga pertama yang dipercaya memiliki unsur magis pemanggil hantu, keberadaan Bunga Kantil kerap saja dihubung-hubungkan sebagai bunga yang membawa kesan horor. 
Mitos Dibalik Bunga Kantil Yang Menyeramkan
Bunga Kantil dipercaya sebagai bunga yang disukai kuntilanak dan golongan jin [img src]
Berdasarkan mitos yang berkembang, aromanya kantil yang membuat kuntilanak betah tinggal dan menjadikan pohon kantil sebagai rumah. 


7. Mitos Aroma Melati, Pertanda Kedatangan Makhluk Halus
Mitos Aroma Melati
Jika seseorang tercium aroma bunga melati, mereka dipercaya sedang didatangi oleh Nyi Roro Kidul [img src]

Selain sering ditanam di area kuburan aroma melati yang tiba-tiba tercium dipercaya menjadi pertanda kedatangan makhluk halus, dan sangat disukai oleh ratu Nyi Roro Kidul. 


8. Bunga Sedap Malam, Menangkal Sihir
mitos bunga sedap malam
Bunga sedap malam [img src]

Bunga sedap malam dipercaya mampu menangkal sihir atau santet. Aromanya yang hanya tercium pada malam hari inilah yang menjadi alasan penamaan bunga ini dan semakin menimbulkan unsur horor. Keharuman bunga ini juga dipercaya dapat menenangkan hati di kala perkabungan.


9. Mitos Bunga Kamboja, Memanggil Arwah
mitos bunga kamboja
Bunga kamboja juga menjadi bunga yang mitosnya memiliki unsur magis yang bisa digunakan sebagai ritual pemujaan dan memanggil hantu atau arwah [img src]

Bunga ini juga disebut bunga kuburan karena kebiasaan masyarakat sering menanamnya di pemakaman dan semakin membuatnya terkesan horor.


10. Mitos Bunga Mawar Merah dan Putih, Sarat Bunga Tujuh Rupa
mitos bunga mawar medah dan putih
Dalam beberapa kepercayaan bunga ini dipercaya sebagai pemanggil makhluk halus [img src]

Ternyata Bunga mawar tidak hanya sebagai perlambang cinta. Biasanya bunga ini dicampurkan dengan sesajen lainnya yang tergabung dalam kembang tujuh rupa. 


11. Mitos Bunga Bougenville, Mengundang Keretakan Keluarga
mitos tanaman bougenville
[img src]


Bunga bougenville mitosnya mengundang keretakan dalam rumah tangga. Menurut cerita orang tua dulu, bagi pasangan keluarga yang menanam atau membeli bunga bougenville, bisa-bisa hubungan keluarga mereka tidak kembali harmonis. Percaya atau tidak, mitos tanaman bougenvile ini merupakan mitos yang wajib kamu ketahui. Memang bunga bougenville terlihat cantik dan memanjakan mata bagi mereka yang melihatnya, tetapi perlu juga kamu hindari. 

12. Mitos Bunga Kenanga, Mudah Mendapatkan Jodoh
mitos bunga kenanga
Menanam Bunga ini dipercaya memudahkan jodoh [img src]

Menanam Bunga ini di dalam taman dapat menjadi penangkal ilmu hitam, guna-guna dan sejenisnya untuk melindungi rumah beserta isinya, mudah mendapatkan jodoh bagi anggota keluarga yang belum berkeluarga.

Baca Juga: 10 Mitos & Fakta Makam Dinger Kota Batu

Nah demikian 12 Jenis Tanaman Indonesia yang Sarat Akan Mitos yang sampai sekarang masih dipercaya oleh kebanyakan orang jawa.

This post have 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement