-->

Monday, May 9, 2016

7 Fakta Ikan Buntal Beracun, Tewaskan Orang Asal Malang

author photo
Fakta Ikan Buntal Beracun - Baru-baru ini kita dikejutkan dengan berita kematian empat orang asal Malang sesudah mengkonsumsi ikan buntal atau yang sering disebut pufferfish. Peristiwa naas ini terjadi di sebuah pantai yang bernama Licin, di desa Lebak, Lumajang. Solers pasti tak asing dengan karakter lucu di film Spongebob, yaitu Nyonya Puff. 

fakta-ikan-buntal-jenis-ikan-beracun-tewaskan-4-orang-di-malang
fakta ikan buntal beracun
Ternyata si Ny.Puff ini mempunyai fakta unik dibalik kelucuannya, berikut simak dengan baik dan jangan sampai lalai dengan informasi penting di dalamnya. Catat baik-baik 7 Fakta Ikan Buntal Beracun, Tewaskan 4 Orang Asal Lumajang, kab. Malang.

1. Ikan Buntal atau Pufferfish Merupakan Hewan Vertebrata Paling Beracun Kedua di Dunia

Fakta Ikan Buntal Beracun
zat racun ikan buntal [img src]
Selama ini memang dikenal sebagai hewan bertulang belakang yang sangat beracun. 
Memang tak butuh waktu lama untuk racun dari ikan buntal itu bekerja dalam tubuh manusia yang sudah memakannya. Racun ikan buntal bisa mengalahkan peringkat racun sianida.  



2. Lucunya Ketika Tubuh Ikan Ini Menggembung 3 Kali Lipat Lebih Besar Dari Besar Mulanya, Itu Adalah Bentuk Dari Pertahanannya

Fakta Ikan Buntal Beracun
lucunya ikan buntal ketika menggembung [img src]

Ikan buntal, ikan ini sering dikenal bentuknya yang lucu ketika menggembung. Ikan buntal akan menggembungkan tubuhnya ketika merasa terancam oleh musuh. 
Dengan alasan tidak terlalu pandai berenang, dan bentuknya yang bulat ikan buntal ini mengaku sering sekali mendapat ancaman.

Maka dari itu ikan buntal ini bertahan dengan cara memasukkan banyak air ke dalam tubuhnya dan menggembung. Ketika menggembung dengan tujuan mengelabui musuh, menakut-nakuti sebagai bentuk pertahanan diri ketika diserang musuh, ukuran tubuh ikan buntal ini mencapai dua atau tiga kali lipat daripada ukuran normalnya.

3. Racun Ikan Buntal Terdapat Pada Duri-Durinya
Fakta Ikan Buntal Beracun
duri beracun ikan buntal [img src]

Tidak banyak yang tahu ternyata ikan buntal yang dikenal dengan sebutan nama Blowfish, ikan Fugu atau Pufffish ini termasuk kedalam hewan berbahaya. Dikarenakan di dalam tubuhnya itu memiliki racun pada setiap duri yang berdiri ketika ikan ini menggembung. Ketika menggembung, duri-duri beracun pada tubuhnya itu keluar dan mengeras.


4. Zat Racun yang Terkandung Dalam Ikan Buntal ini Bernama Tetrodotoksin yang Masih Berstatus Antidote

Racun kuat yang terdapat pada duri-duri seekor ikan buntal bisa membunuh 30 orang dewasa, sayangnya racun pada ikan buntal belum ada penangkalnya (antidote). Dosis sebanyak 2 mg saja sudah mampu membunuh manusia. Racun ikan buntal ini akan bereaksi dalam tubuh sekitar kurang dari setengah jam. Reaksi dari racun ikan buntal ini hampir mirip dengan racun sianida yang mengakibatkan korbannya kekurangan oksigen dan mengalami sesak nafas.
Fakta Ikan Buntal Beracun
kandungan racun ikan buntal [img src]
Dengan alasan ini sebuah restoran di Jepang yang menyajikan ikan buntal seperti olahan sashimi, akan mencicipinya setengah jam sebelum disajikan, demi menjamin keamanan sajian yang dihidangkan. Racun dalam daging ikan buntal yang tercemar tidak akan hilang meskipun sudah melalui proses masak. Masih berani makan ikan buntal yang masuk dalam jenis ikan beracun ini ??? hehe.

5. Ikan Karnivora yang Bikin Gemes
Fakta Ikan Buntal Beracun
ikan buntal karnivora [img src]

Ikan yang menurut solers ini imut, lucu dan bikin kamu gemes ternyata masuk ke dalam jajaran karnivora atau pemakan daging. Ikan buntal punya empat biji gigi yang menyatu tajam yang dipakai untuk menghancurkan mangsanya. Beberapa hewan yang menjadi makanan ikan buntal ini adalah Bulu Babi, Ganggang, Udang, Kepiting, dan Kerang-kerangan.

6. Ciri Khas Ikan Buntal Beracun
Fakta Ikan Buntal Beracun
ciri khas ikan buntal [img src]

Wajib solers tahu bagaimana sih ciri-ciri ikan buntal ini??? sehingga solers tak salah menangkap dan mengkonsumsi ikan buntal yang masuk dalam jenis ikan beracun yang menyebabkan kematian.

Ciri yang pertama ialah mempunyai warna bintik pada tubuhnya. Selanjutnya ikan ini hoby banget menggembungkan badannya, next ... ikan ini akan mengeluarkan duri ketika tubuhnya menggembung terutama saat merasa terancam. Ikan buntal mempunyai kulit yang sangat elastis, tanpa tulang rusuk, dengan tulang belakang yang bisa melengkung bak busur ketika menggembungkan tubuhnya.


7. Artistik Bawah Laut Karya Si Buntal Jantan yang Romantis
Fakta Ikan Buntal Beracun
artistik bawah laut karya ikan buntal jantan [img src]

Artistik indah di bawah laut, yang selama ini menjadi tanda tanya besar di kalangan manusia, ternyata merupakan lingkaran tempat tinggal ikan buntal. Sebuah spesies baru ikan buntal artistik ditemukan di pantai Amami Ooshima di Kyushu Jepang.
Baru-baru ini, para peneliti menemukan bahwa spesies baru ikan buntal (atau fugu dalam bahasa Jepang) membuat pola-pola indah berbentuk simetris di dasar laut.

Si ikan buntal jantan bersemangat memberikan rumah yang aman dan dihias untuk betinanya sebagi tempat bertelur. Pembuatan lingkaran itu menghabiskan waktu lebih dari seminggu tepatnya sembilan hari menggali desain pasir, dengan lebar dua meter ini dengan dada dan sirip ekornya. Ketika betina mulai bertelur di tengah, si buntal jantan mulai melakukan penjagaan sepanjang rumah mewah mereka sampai sedikit demi sediki telur ikan buntal menetas. That’s one tough and dedicated daddy, bahkan hanya sekitar 10 sentimeter dia tidak akan beranjak. Romantis banget kan? hehe.

Baca Juga: Fungsi 15 Gram Sianida, Cukup Membunuh Mirna

Itulah 7 Fakta Ikan Buntal Beracun, Tewaskan 4 Orang Asal Lumajang. Yang sedikit memberi solers informasi, supaya tak asal mengkonsumsi jenis ikan yang masuk dalam jenis ikan beracun. Buat solers yang suka dengan ikan buntal ini tak perlu mengkonsumsinya jika masih belum tau cara mengolah bagian ikan buntal yang tidak mengandung racun, solers bisa menjadikan ikan buntal ini sebagai peliharaan ikan hias, karena meskipun beracun beberapa spesies ikan buntal ini sudah mulai terancam punah.

This post have 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement