-->

Monday, February 8, 2016

7 Fakta Unik Tahun Baru Imlek di Tahun Monyet Api

author photo
Tahun Baru Imlek- Tepatnya di 8 Februari 2016 merupakan tanggal dimana masyarakat Tionghoa seluruh  dunia merayakan Tahun Baru Imlek. Dimana setiap mendengar kata Imlek pasti banyak hal  yang berbau China, bukan? 

Namun, didalam perayaan Tahun Baru Imlek tersimpan fakta unik dan menarik di Tahun Baru Tersebut. Berikut 7 fakta unik Tahun Baru Imlek Di Tahun Monyet Api:


1. Hari Libur Nasional 

Tahun-Baru-Imlek
source
Sejak Gus Dur menjabat menjadi presiden,  pemerintah mengumumkan Keputusan Presiden No. 6/2000 yang mencabut Instruksi Presiden No. 14/1967. Tepatnya pada tanggal 9 April 2001, pada hari itulah diresmikan Tahun Baru Imlek menjadi hari libur fakultatif . Kemudian pada tahun 2002, Tahun Baru Imlek resmi dinyatakan sebagai salah satu hari libur Nasional oleh Presiden Megawati.


2. Memakai Baju Serba Merah

Tahun-Monyet-Api
source
Warna merah sangat identik dengan China, terutama disaat perayaan Tahun Baru Imlek. Banyak filosofi yang mereka percaya, warna merah berarti suatu keberuntungan atau keselamatan untuk Tahun Baru Imlek.


3. Barongsai

Tahun-Monyet-Api
source
Barongsai yang merupakan kesenian tradisonal budaya China, sering kali muncul di setiap perayaan Tahun Baru Imlek dan menjadi suatu hiburan yang menarik.  Tak hanya menjadi hiburan saja, masyarakat Tionhoa percaya Barongsai juga memiliki makna penting yaitu mengusir hal-hal gaib seperti makluk halus. 


4. Bisnis Sewa Pacar Meningkat 

Tahun-Monyet-Api
source

Di China, perayaan Tahun Baru Imlek tak lengkap rasanya bila harus mempunyai status single saat merayakannya,  melihat tradisi Tahun Baru Imlek yang pasti ada reuni keluarga menjadikan pria single di China terdesak untuk segera mendapatkan pasangan, oleh karena itu bisnis sewa pacar meningkat di malam Tahun Monyet Api.

Baca Juga: Unik, Menjelang Imlek Bisnis Menyewakan Pacar Laris Di China


5. Ucapan Gong Xi Fa Cai 

Tahun-Monyet-Api

Memberikan ucapan Gong Xi Fa Cai  kepada saudara jauh akan mempererat tali suatu hubungan. Melihat perayaan Tahun Baru Imlek menjadi salah satu sarana untuk membangun hubungan yang sudah retak bagi saudara jauh. Selain itu kaula muda turut memeriahkan Tahun Baru Imlek dengan memasang DP BBM Ucapan Imlek 2016.


6. Angpao Tahun Monyet Api

Tahun-Monyet-Api
source
Hal yang paling dinanti bagi anak-anak yaitu saat mendapat angpao berisi uang. Namun, angpao di Tahun Baru Imlek pun berubah yang sekarang memiliki tampilan Gambar Monyet Api. Tak hanya itu saja, pernak pernik Di Tahun Baru Imlek 2016 semuanya berupa Monyet Api, mulai dari pusat perbelanjaan, taman, hiasan-hiasan di dalam rumah bahkan di jalan-jalan. 


7. Keberuntungan Bagi Yang Memiliki Shio Monyet

Tahun-Monyet-Api
source
Tahun Monyet Api menjadi sifat alami bagi yang memiliki shio monyet, karena Tahun Monyet Api lambang dari hewan itu sendiri maka pengaruh atas orang yang mempercayai dan meyakininya. Untuk Anda yang memiliki Shio Monyet, percaya atau tidak lakukan segala sesuatu dengan sebaik baiknya karena itu akan membawa hasilmu.

Nah itu tadi 7 fakta unik Tahun Baru Imlek yang berkaitan dengan Tahun Monyet Api. Selamat Tahun Baru Imlek ke 2567, Gong Xi Fa Cai.

Baca Juga: Unik, Ojek Ini Cuma Ada Di Indonesia

This post have 3 comments

avatar
Cara tetap sehat delete 08 February, 2016 22:33

Waduh-waduh ternyata ada penyewaan pacar ya gan... adeh emang aneh negara luar Indonesia itu

Reply
avatar
Gunawan delete 08 February, 2016 23:37

nekat amat buat nyewa pacar ya...hahhaha
menarik infox gan..

Reply


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement