-->

Saturday, February 6, 2016

4 Alasan Mengapa Aroma Hujan Begitu Menyenangkan

author photo
Berita Unik - Musim hujan merupakan musim yang paling ditunggu -tunggu sebab musim tersebut menimbulkan hawa dingin di lingkungan sekitar. Musim yang sering kali disebut musim pembawa berkah bagi petani, ternyata  banyak pula orang  benci dengan datangnya musim ini lho, kenapa?  Mungkin bagi masyarakat di kota, musim hujan menjadi momok yang merepotkan  karena tak lepas dari masalah banjir.
aroma-hujan-yang-sangat-menyenangkan
source
Berbeda lagi dengan di desa, suasana yang kaya akan tanah dan tumbuhan hijaunya. Banyak orang beranggapan, musim hujan menjadi kesenangan  tersendiri karena ada satu aroma khas yang muncul sehabis hujan. Berikut 4 alasan mengapa aroma hujan begitu menyenangkan:


1. Aroma Yang Berasal Dari Bakteri Actinomycetes 

aroma-hujan-yang-sangat-menyenangkan
source
Aroma hujan yang khas tersebut berasal dari bakteri Actinomycetes, sebuah bakteri berserabut yang hidup di tanah lembab serta hangat. Ketika tanah mulai kering, bakteri menghasilkan spora, spora akan terangkat ke udara dan terhirup oleh manusia disaat tanah tertetes oleh air hujan. Lepasnya spora ke udara inilah yang memberikan aroma khas seusai hujan.  Tak hanya itu saja,  sumber aroma khas juga berasal dari senyawa kimia lain yaitu geosmin, senyawa ini terkenal akan memiliki aroma bumi.  Aroma khas yang dihasilkan akan sangat terasa ketika terjadi kondisi terik kemudian diguyur hujan. 

2. Adanya Senyawa Sejenis Minyak Yang Dihasilkan Oleh Tumbuhan

aroma-hujan-yang-sangat-menyenangkan
souce

aroma-hujan-yang-sangat-menyenangkan
source
Senyawa ini berasal dari tanaman yang menempel di tanah ataupun di batu. Saat hujan turun, Air yang menetes pada permukaan tanah atau bantu akan bereaksi dengan minyak hasil dari tanaman yang menempel tersebut, kemudian Aroma menyenangkan akan terbawa ke udara dalam bentuk gas dan dihirup oleh manusia.

3. Karena Ozon Aroma Khas Tercium

aroma-hujan-yang-sangat-menyenangkan
source

Aroma menyenangkan berasal dari ozon. Saat terjadi badai, petir akan memisahkan molekul oksigen dengan nitrogen di atmosfer. Molekul tersebut akan kemudian bergabung kembali dan berubah menjadi oksida nitrat. Zat ini yang akan berinteraksi dengan zat kimia lain di atmosfer untuk membentuk ozon. Ketika seseorang mengatakan mereka bahwa orang tersebut mencium bau hujan datang, mungkin bahwa angin dari badai telah membuat ozon turun dari awan maka  aroma segar tajam tercipta.

4. Kenangan

aroma-hujan-yang-sangat-menyenangkan
source
Aroma hujan khas yang lain tercipta pada sebuah kenangan. Kenangan manis pada pasangan akan menghasilkan aroma menyenangkan saat hujan turun dan akan terus berlangsung di ingatanmu. Jangan sampai galau gara-gara hujan turun ya. 

Nah itu tadi  4 Alasan Mengapa Aroma Hujan Begitu Menyenangkan. Bumi kita memang kaya akan rahasia yang tersembunyi, sampai-sampai muncul aroma hujan yang begitu menyenangkan saat di hirup. Mungkin dari kamu sudah pernah merasakan aroma menyenangkan tersebut? Jangan lupa share dan komentar dibawah ya.

Baca Juga: 8 Penyesalan Ketika Kamu Beranjak Dewasa

1 comments:

avatar
Mu Tmm delete 07 February, 2016 12:57

Ia Gan bener banget tu, aroma hujan memang menyenangkan saat teringat kenangan masa lalu. :D

Reply


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement